Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengucurkan dana pengamanan Pilkada serentak 2020 kepada polres dan makodim setempat senilai Rp4 miliar.

“Dana hibah untuk pengamanan Pilkada yang dikucurkan ini diharapkan dapat dimanfaatkan dan dipertangung jawabkan sebaik mungkin,” kata Bupati Mukomuko Choirul Huda dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan hal itu saat menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dana pengamanan Pilkada bersama Kapolres Mukomuko AKBP Andy Arisandi dan Dandim 0428/Mukomuko Letkol Inf Y.M Teguh Edi Pamungkas.

Dana pengamanan Pilkada serentak Tahun 2020 sebesar Rp4 miliar tersebut, yakni untuk kepolisian resor setempat sebesar Rp2,5 miliar dan Markas Komando Distrik Militer 0428 Mukomuko Rp1,5 miliar.

Setelah penandatangan NPHD dana pengamanan Pilkada ini, sinergitas antara pemerintah daerah setempat dengan Polri dan TNI tetap terjaga dengan baik guna memberikan rasa aman dan damai bagi masyarakat setempat terutama pada saat Pilkada serentak tahun ini.

Komandan Distrik Militer 0428 Kabupaten Mukomuko Letkol Inf Y.M Teguh Edi Pamungkas berjanji akan menggunakan dana hibah daerah untuk kegiatan pengamanan Pilkada 2020 dengan sebaik-baiknya dan penuh dengan tanggung jawab.

Ia mengatakan, dana hibah untuk pengamanan Pilkada 2020 ini adalah dana milik rakyat di daerah ini yang selanjutnya diamanahkan kepada aparat penegak hukum di daerah ini untuk kegiatan pengamanan Pilkada.

“Ini semua adalah amanah yang diberikan kepada kami. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan amanah tersebut dengan baik dan tanggung jawab,” ujarnya.

Menurutnya, amanah yang diberikan ini taruhannya adalah jabatan yang disandangnya saat ini. Sekali saja melakukan kesalahan dalam mengelola atau menggunakan anggaran itu, konsekuensinya bisa dipecat dan dipenjara.

Lebih lanjut ia membutuhkan dukungan dan bimbingan dari semua pihak di daerah ini untuk menjalankan amanah ini agar Pilkada 2020 di daerah ini berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020