Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu memiliki banyak objek wisata menarik, salah satunya yang berada di Desa Purwodadi Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong yaitu Embung Suro Manggi.

Embung ini normalnya merupakan tempat penampungan air yang biasa digunakan masyarakat untuk kepentingan pertanian. 

Embung yang memiliki luas sekitar 1,5 hektare ini telah ditanami berbagai jenis bunga oleh masyarakat sekitar melalui kebijakan desa dan diberi nama embung Suro Manggi.

"Keputusan untuk menjadikan Embung Suro Manggi sebagai salah satu tempat wisata dimulai sejak tahun 2016 dan sejak saat itu embung ini dilengkapi dengan berbagai wahana dan fasilitas yang menggoda untuk dicoba," kata Kepala Desa Purwodadi Riadi di Rejang Lebong, Selasa. 

Selain disuguhi berbagai jenis bunga, pengunjung juga dapat menyewa motor atv di arena grastrack, menaiki sepeda air untuk berkeliling di lokasi embung serta menyeberang danau melalui perahu untuk menuju ke pulau kecil di tengah embung sebab danau Embung juga dihiasi dengan berbagai macam bunga yang memanjakan mata. 

Riadi menyebutkan bahwa Embung Suro Manggi pernah meraih tiga besar embung tingkat Provinsi Bengkulu dan embung Suro Manggi dipercaya menjadi wakil Bengkulu dalam penilaian Program Inovasi Desa dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. 

"Embung Suro Manggi berhasil menyabet juara dua nasional untuk kategori embung inovatif terbaik," ujarnya. 

Untuk masuk ke objek wisata, pengunjung akan dikenakan karcis sebesar Rp2 ribu dengan biaya parkir kendaraan sebesar Rp3 ribu. 

Sedangkan untuk pengunjung yang ingin mencoba menaiki perahu akan dikenakan tarif sekitar Rp5 ribu per orang dan untuk sepeda air dengan tarif Rp20 ribu per 3 kali putaran.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020