Pihak Kepolisian Resor Rejang Lebong, Polda Bengkulu menyatakan pengamanan Pilkades serentak yang akan digelar dalam 56 desa di daerah itu melibatkan 202 personel.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Dheny Budhiono di Mapolres Rejang Lebong, Rabu, mengatakan pengamanan pemungutan suara Pilkades di wilayah itu yang akan dilaksanakan Kamis besok (20/2) dilaksanakan secara optimal sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diingini.

"Personel yang ada saat ini sebanyak 202 orang, para personel ini kita geser ke TPS-TPS di 56 desa yang melaksanakan Pilkades besok termasuk juga para perwira pengendali lapangan," ujar dia.

Pergeseran personel pengamanan ini kata dia, dilaksanakan dalam apel pergeseran pasukan yang dilaksanakan di halaman mapolres setempat pada hari itu bersamaan dengan pendistribusian logistik Pilkades.

Sejauh ini kondisi kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkades serentak tahap III di Rejang Lebong ini tambah dia, masih kondusif dan diharapkan akan terus terjadi sampai selesainya pemilihan di masing-masing desa yang melaksanakannya.

Untuk menciptakan situasi kondusif ini pihaknya akan terus melakukan upaya pencegahan terhadap kegiatan-kegiatan yang bisa mengancam kamtibmas baik saat hari H pelaksanaannya maupun hingga akhir masa penyelesaian sengketa Pilkades.

Polres Rejang Lebong kata Dheny akan melakukan antisipasi masalah sekecil apapun dan melakukan deteksi dini sehingga tidak membesar dan menimbulkan permasalahan.

Selain itu, dirinya juga meminta personel Polres Rejang Lebong agar dalam melaksanakan pengamanan untuk tetap menjaga netralitas, kemudian selalu melakukan komunikasi dengan penyelanggara Pilkades serta melaporkan situasi lapangan kepada pimpinan maupun perwira yang melakukan pemantauan pelaksanaan Pilkades.

Sementara itu, pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Rejang Lebong ada hari itu atau H-1 mulai mendistribusikan surat suara untuk 56 desa yang akan menggelar Pilkades, di mana suarat suara ini didistribusikan ke tingkat kecamatan masing-masing.

Surat suara Pilkades 56 desa ini berjumlah 51.832 lembar ditambah 1.307 surat suara cadangan sehingga totalnya mencapai 52.869 lembar. Surat suara ini bersama dengan kotak suara dan berita acara pemilihan dititipkan dikantor Polsek dan juga Polres Rejang Lebong terutama untuk kecamatan yang belum memiliki Polsek sendiri seperti Kecamatan Curup Utara, Curup Selatan dan Curup Tengah.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020