Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta para pedagang pasar tradisional di Kelurahan Koto Jaya segera menempati los pasar semimodern yang masih kosong agar ketertiban pasar tetap terjaga.

“Baru sebagian kecil pedagang yang menempati los pasar semimodern. Kami telah menyurati pedagang yang masih berada di luar pasar untuk segera masuk dan menempati los pasar semimodern,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Herlian dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah setempat telah menyelesaikan pembangunan gedung pasar semimodern di Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko.

Ia menyebutkan, sebanyak 120 los berukuran kecil di pasar semimodern tersebut. Karena ukuran los di pasar tersebut terlalu kecil, sehingga instansinya menggabungkan dua los menjadi satu sehingga jumlah los yang disediakan untuk pedagang menjadi 70 los.

Dari sebanyak 70 los tersebut, ia mengatakan, baru sebagian kecil pedagang yang selama ini berjualan diluar kios dan los pasar tradisional di Kelurahan Koto Jaya yang menempati los pasar semimodern.

Untuk itu, ia mengatakan, instansinya telah beberapa kali melakukan pendekatan kepada pedagang dan menyurati mereka untuk segera masuk dan menempati los pasar semimodern tersebut.

Selain itu, ia mengatakan, instansinya dalam waktu dekat ini akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak pihak terkait seperti Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran setempat dan instansi terkait lainnya untuk menertibkan pedagang yang masih berjualan diluar kios dan los pasar tradisional untuk menempati los pasar semi modern.

“Saat ini kami lakukan pendekatan persuasif kepada pedagang agar mereka bisa menempati los pasar semi modern ini minimal sekali dalam satu minggu,” ujarnya pula.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020