Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan produksi Balai Benih Ikan (BBI) di daerah itu setiap tahunnya bisa menghasilkan jutaan ekor benih ikan dari berbagai jenis.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanak) Rejang Lebong Suherman didampingi Kabid Perikanan Aryanto di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan empat BBI yang ada di Rejang Lebong ini tersebar dalam Kecamatan Padang Ulak Tanding, Bermani Ulu dan Kecamatan Curup Selatan, di mana dari empat BBI ini pert ahunnya menghasilkan hingga 3,9 juta ekor benih ikan.

"Sesuai dengan namanya BBI ini menghasilkan benih, mereka mengadakan kegiatan produksi benih seperti pemijahan anakan dan kemudian itu yang dijual. Empat BBI yang ada di Rejang Lebong semuanya berfungsi dan menghasilkan benih ikan," terangnya.

Adapun empat BBI yang ada di Rejang Lebong ini antara lain BBI Belumai di Kecamatan Padang Ulak Tanding, kemudian BBI Babakan Baru, di Kecamatan Bermani Ulu, BBI Rimbo Recap dan BBI Dusun Baru di Kecamatan Curup Selatan, di mana dari empat BBI ini pertahunnya menghasilkan hingga 3,9 juta ekor benih ikan.

Ditambahkan oleh Aryanto, Kabid Perikanan Distanak Rejang Lebong, jika produksi benih ikan dari empat BBI yang ada di wilayah itu dipasarkan guna memenuhi kebutuhan petani ikan baik jenis kolam air deras maupun kolam air tenang.

Selain itu produksi benih empat BBI ini juga dipasarkan guna memenuhi kebutuhan bibit ikan di kota dan kabupaten di Bengkulu maupun daerah tetangga di Provinsi Sumatera Selatan.

Sejauh ini bibit ikan yang dihasilkan oleh empat BBI di Rejang Lebong itu kata dia, belum sepenuhnya diserapkan oleh petani ikan di Rejang Lebong sehingga produksi ikan air tawar yang dihasilkan setiap tahunnya belum mencukupi kebutuhan masyarakat setempat yang mencapai 10.500 ton per tahun.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020