Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan Koperasi Gempi Mina Jaya akan mendapatkan bantuan benih dan pakan ikan untuk percontohan budidaya ikan gurami.

“Tahun ini (2020) satu koperasi yaitu, Koperasi Gempi Mina Jaya di Desa Sido Makmur, Kecamatan Teramang Jaya yang akan mendapatkan bantuan untuk percontohan budidaya ikan gurami,” kata Kabid Budidaya Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Azbas Novyan dalam keterangannya di Mukomuko.

Menurut Azbas, Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko pada 2020 mendapat dana alokasi khusus (DAK) bidang perikanan budidaya sebesar Rp150 juta yang digunakan untuk membeli benih dan pakan ikan sebagai percontohan budidaya ikan gurami di daerah ini.

Dana alokasi khusus untuk pembelian benih dan pakan ikan ini dibagi menjadi lima paket kegiatan yang dikelola anggota aktif koperasi dalam melakukan aktivitas budidaya perikanan air tawar.

Ia menyatakan, meskipun bantuan benih dan pakan ini untuk pencontohan budidaya perikanan ikan gurami, tetapi bantuan ini juga bertujuan untuk pengembangan usaha budidaya perikanan ikan gurami.

Selama ini, koperasi yang berada di wilayah Kecamatan Teramang Jaya aktif dalam budidaya perikanan air tawar dan menjual hasil produksi benih ikan air tawar ini.

Pemerintah pusat melalui pemerintah setempat memberikan bantuan benih dan pakan ikan kepada koperasi ini agar koperasi ini dapat menjadi percontohan dalam melakukan aktivitas budidaya perikanan ikan gurami bagi masyarakat petani yang berada di sekitar wilayah ini.

Selain itu, katanya, bantuan benih dan pakan ikan ini diharapkan bisa menambah modal usaha koperasi ini.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020