Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan membantu sebanyak dua kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) untuk membangun tempat percontohan budidaya ikan lele di daerah tersebut.

“Tahun ini kita akan memberikan bantuan untuk kegiatan pencontohan budidaya ikan lele berupa kolam bundar, benih dan pakan ikan kepada dua Pokdakan di daerah ini,” kata Kabid Budidaya Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Azbas Novyan dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu.

Dinas Perikanan setempat pada 2020 mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) bidang perikanan untuk membeli kolam bundar, benih dan pakan ikan untuk percontohan budidaya ikan lele di daerah ini.

Dana alokasi khusus bidang perikanan tersebut dibagi menjadi dua paket dan dana untuk setiap paket kegiatan tersebut sebesar Rp40 juta untuk pembelian kolam bundar, benih dan pakan ikan.

Ia menyebutkan, dua pokdakan tani yang akan mendapatkan kegiatan ini yakni kelompok Muargo di satuan pemukiman V Desa Tirta Makmur dan kelompok Al-Fatah Kelurahan Koto Jaya.

Ia menyatakan, meskipun bantuan ini berupa kolam, benih dan pakan ini untuk kegiatan pencontohan budidaya perikanan ikan lele, tetapi bantuan ini juga bertujuan untuk pengembangan usaha budidaya perikanan ikan lele di daerah ini.

Selama ini dua pokdakan yang tersebar di Kecamatan Air Manjuto dan Kecamatan Kota Mukomuko ini aktif dalam melakukan aktivitas budidaya perikanan air tawar dan menjual hasil produksinya.

Kemudian Pemerintah pusat melalui pemerintah setempat memberikan bantuan kolam, benih dan pakan ikan kepada pokdakan ini agar dapat menjadi percontohan budidaya ikan lele bagi masyarakat.

Selain itu, ia mengatakan, bantuan kolam bundar, benih dan pakan ikan ini diharapkan juga bisa menambah modal usaha dua pokdakan ini.***1***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020