Mengantisipasi penularan virus corona baru atau Covid-19, puluhan mahasiswa dari berbagai kampus di Bengkulu bersama Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Rabu (11/3) membagikan masker gratis kepada pengendara dikawasan simpang lima Ratu Samban, Kota Bengkulu.

Salah satu mahasiswi dari Politeknik Kesehatan Anggraini mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai respon atas melonjaknya angka penularan Covid-19 di Indonesia dalam sepekan terakhir.

"Tentu kita tau bahwa angka penularan virus corona di Indonesia akhir-akhir ini meningkat. Kita tidak ingin penularan ini akhirnya sampai ke Bengkulu," kata Anggraini saat diwawancarai usai kegiatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Susilawati mengatakan pembagian masker bagi pengguna jalan raya ini juga sebagai respon atas kelangkaan masker yang terjadi sejak virus yang berasal dari Kota Wuhan, China ini mewabah hampir keseluruh dunia.

 
Cegah Covid-19, mahasiswa di Bengkulu bagikan masker gratis. (Foto Antarabengkulu.com)

Pembagian masker ini juga sebagai bentuk dukungan kepada aparat penegak hukum agar menindak para pelaku penimbunan masker.

"Lebih kurang ada 300 pcs masker yang kita bagikan. Masker ini sebenarnya kita dapat dari lembaga yang konsen agar Kota Bengkulu aman dari penularan Covid-19," papar Susilawati.

Selain membagikan masker secara gratis, mahasiswa dan Dinas Kesehatan Kota Bengkulu juga membagikan selebaran yang berisi informasi tentang pencegahan Covid-19 bagi pengguna jalan.

"Kita tetap mengimbau masyarakat agar tidak panik namun tetap harus menjaga kebersihan. Kalau penggunaan masker hanya untuk yang sakit saja seperti flu dan batuk, kalau yang sehat tidak perlu," jelas Susilawati.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020