Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan telah mengusulkan penambahan sebanyak 320 orang warga yang tergolong ekonomi miskin sebagai penerima program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) yang terintegrasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Kami telah usulkan nama sebanyak 320 orang warga yang tergolong ekonomi miskin di daerah ini kepada Dinas Kesehatan setempat. Sebanyak ratusan orang warga miskin di daerah ini untuk penambahan penerima Jamkesda tahun ini," kata Kabid Pemberdayaan dan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Rabiadi dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan hal itu menanggapi keterangan dari pihak Dinas Kesehatan setempat yang belum menerima data nama sebanyak 320 orang warga yang tergolong ekonomi miskin di daerah ini untuk penambahan penerima Jamkesda tahun ini.

Ia menyatakan, bahwa Dinas Sosial sejak tahun sebelumnya telah menyerahkan data nama warga miskin untuk tambahan sebagai calon penerima program Jamkesda kepada Dinas Kesehatan.

“Saat kami tahu ada penambahan warga miskin untuk diusulkan sebagai calon penerima program Jamkesda 2020, kemudian kami langsung menyeleksi dalam basis data terpadu warga miskin selanjutnya diserahkan kepada pihak terkait dan Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Ia mengatakan, instansinya sebelumnya telah menetapkan sebanyak 320 orang warga miskin di daerah ini sebagai calon penerima program Jamkesda 2020, selanjutnya menunggu surat keputusan bupati setempat.

Selanjutnya Dinas Kesehatan setempat yang mengusulkan surat keputusan bupati terkait penetapan penambahan 320 orang warga miskin sebagai penerima program Jamkesda.

Sebanyak 5.893 orang warga yang tergolong ekonomi miskin di daerah ini yang menerima program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) yang terintegrasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan Tahun 2020, bertambah dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 5.573 orang.***3***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020