Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu, Senin (16/3) menggelar rapat paripurna penyampaian hasil reses masa sidang ke-1 tahun sidang 2020, dewan meminta Pemerintah Provinsi Bengkulu fokus pada peningkatan infrastruktur pertanian.

"Pemerintah agar dapat memudahkan akses transportasi usaha tani, serta meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan. Masyarakat mengharapkan agar pemerintah memberikan perhatian dan bantuan untuk memperbaiki dan membangun jalan sentra produksi bagi petani," kata juru bicara anggota DPRD Provinsi Bengkulu Muhammad Gustiadi saat menyampaikan laporan hasil reses dalam rapat paripurna.
 
Reses selesai, dewan minta pemerintah perbaiki infrastruktur pertanian. (Foto Antarabengkulu.com)

Kata Gustiadi, selain perbaikan infrastruktur pertanian, masyarakat khususnya petani mengharapkan Pemerintah Provinsi Bengkulu dapat memberikan bantuan bibit pertanian dan perkebunan, bantuan pupuk, bantuan ternak dan bantuan alat-alat pertanian.

Masyarakat juga meminta Pemerintah Provinsi Bengkulu memberikan pelatihan atau penyuluhan pertanian, hal ini guna meningkatkan pemahaman petani agar hasil pertanian dan peternakan bisa meningkat. Masyarakat meminta disiapkan instruktur pertanian disetiap desa.
 
Reses selesai, dewan minta pemerintah perbaiki infrastruktur pertanian. (Foto Antarabengkulu.com)

Masyarakat juga meminta Pemerintah Provinsi Bengkulu meningkatkan pengawasan terhadap harga komoditas pertanian dan pertanian, sehingga para tengkulak tidak bisa mempermainkan harga dan merugikan petani.

Selain soal pertanian, kata Gustiadi, aspirasi yang banyak diterima anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari masyarakat selama reses yakni perbaikan jalan, baik itu jalan provinsi, jalan kabupaten dan jalan lingkungan. Masyarakat juga meminta perbaikan drainase dan jembatan.
 
Reses selesai, dewan minta pemerintah perbaiki infrastruktur pertanian. (Foto Antarabengkulu.com)

"Seluruh kabupaten dan kota di Bengkulu mengharapkan adanya bantuan bedah rumah, perbaikan dan peningkatan sarana dibidang kesehatan, bidang pendidikan dan bidang keagamaan. Menyediakan sarana dan prasarana olahraga, listrik untuk penerangan jalan dan fasilitas air bersih," jelas Gustiadi.

Reses masa sidang ke-1 tahun sidang 2020 DPRD Provinsi Bengkulu ini dilakukan dari tanggal 10 hingga 14 Februari 2020. Reses ini diadakan di tujuh daerah pemilihan atau Dapil di Provinsi Bengkulu.

Rapat paripurna penyampaian laporan hasil reses ini dihadiri sekitar 31 orang anggota DPRD Provinsi Bengkulu. Selain itu, seluruh pimpinan DPRD Provinsi Bengkulu hadir dalam rapat ini.(Adv)

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020