Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Marjohan meminta semua organisasi perangkat daerah (OPD) setempat melakukan pencegahan dan mengantipasi penyebaran virus corona atau COVID-19 dengan cara menyediakan cairan pembersih tangan di setiap ruangan tempat kerjanya masing-masing.

“Mulai dari sekarang kami minta setiap ruangan OPD setempat menyediakan ‘hand sanitizer’ dan alkohol, termasuk di setiap ruangan RSUD untuk pegawainya dan masyarakat setempat, untuk pencegahan penyebaran virus corona di daerah ini,” kata Marjohan di Mukomuko, Rabu.

Ia menyatakan pihaknya sejak beberapa hari terakhir kesulitan mendapatkan 'hand sanitizer' di sejumlah toko obat dan apotek di dalam wilayah Kecamatan Kota Mukomuko.

Ia mengaku belum tahu apakah masih ada toko obat dan apotek yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini yang menjual hand sanitizer. Karena tidak adanya hand sanitizer di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko sehingga dia membeli tisu basah untuk membersihkan tangan.

Untuk itu, ia menyarankan kepada semua OPD dan masyarakat setempat agar membuat sendiri hand sanitizer menggunakan campuran bahan seperti alkohol, dan fungsinya sama dengan hand sanitizer.

Selain itu, ia mengimbau, OPD di lingkungan pemerintah setempat yang akan melaksanakan kegiatan dengan mengumpulkan banyak orang agar ditunda dulu kegiatan tersebut selama 14 hari pemberlakuan siaga nasional untuk pencegahan dan penyebaran virus corona.

Kemudian ia juga meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat setempat agar menghindari kegiatan keramaian, menjaga pola hidup sehat serta menjaga imunitas tubuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Desriani mengatakan instansi secara swadaya membuat hand sanitizer sendiri dan cairan pembersih tangan ruangan di instansi ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020