Pemeritah Kabupaten Rejang Lebong bersama dengan kelompok wartawan yang bertugas di daerah itu menggelar bakti sosial untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau COVID-19 di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir di Rejang Lebong, Senin, mengatakan kegiatan itu mereka laksanakan bersama dengan kelompok wartawan setempat yang tergabung dalam Forum Jurnalis Rejang Lebong (FJRL) serta BPBD, PMI, sejumlah OPD lainnya serta personel Kodim 0409/Rejang Lebong.
Kegiatan yang menyasar sejumlah titik baik masjid, gereja, pasar dan tempat-tempat yang kerap dikunjungi warga di wilayah itu.

"Kami sangat berterima kasih kepada kelompok wartawan yang tergabung dalam FJRL yang telah membantu Pemkab Rejang Lebong dalam upaya pencegahan COVID-19," terangnya.

Dia berharap, kegiatan yang mereka laksanakan itu bisa mengedukasi masyarakat serta semua pihak tentang pentingnya pencegahan COVID-19, walaupun hingga saat ini belum ada konfirmasi mengenai kasus COVID-19 di Kabupaten Rejang Lebong.

Dalam kegiatan bakti sosial yang melibatkan ratusan personel itu selain dilakukan penyemprotan disinfektan massal juga preventif oleh pihaknya dengan mengimbau masyarakat setempat yang baru pulang dari daerah terjangkit untuk melapor ke Puskesmas terdekat.

"Kita telah menyiapkan surveyor yang akan memantau mereka ini Kita juga selalu mengimbau masyarakat agar selalu cuci tangan dengan sabun serta menghindari tempat-tempat keramaian serta menjaga jarak, karena cara tersebut saat ini cukup efektif untuk mencegah penularan atau penyebaran COVID-19," jelas dia.

Sementara itu, koordinator FJRL Nur Muhamad mengatakan, jika kegiatan itu mereka lakukan dalam upaya membantu pemerintah mengantisipasi penyebaran COVID-19 di wilayah itu.

"Hari ini kita mengadakan sejumlah kegiatan mulai dari pembagian selebaran terkait dengan pencegahan virus Corona, pemasangan spanduk himbauan hingga penyemprotan disinfektan," kata dia.

Untuk lokasi pemasangan spanduk dan pembagian brosur mereka lakukan di perempatan lampu merah, pasar serta lokasi yang mudah terlihat warga, sedangkan penyemprotan disinfektan dilaksanakan di kawasan Pasar Atas, Pasar Bang Mego dan Pasar De Curup, kemudian dirumah ibadah seperti masjid, gereja dan vihara.

Pada pelaksanaan bakti sosial pencegahan COVID-19 yang diikuti lebih dari 100 relawan ini juga dihadiri oleh Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi, Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Sigit Purwoko serta beberapa kepala OPD di lingkungan Pemkab Rejang Lebong.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020