Jumlah kasus orang dalam pemantauan (ODP) virus corona baru atau COVID-19 di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, hingga tanggal 28 Maret 2020 sebanyak 60 orang, bertambah dibandingkan sebelumnya hanya tiga orang.

“ODP kita sekarang sudah 60 orang dan PPT sebanyak 891 orang pelaku. PPT adalah orang dari daerah terjangkit, atau orang yang masuk ke daerah ini yang kita awasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Desriani dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Ia mengakui sebelumnya jumlah ODP COVID-19 di daerah ini hanya satu orang, kemudian bertambah menjadi tiga orang, dan sekarang ini mencapai 60 orang.

Kendati jumlah ODP COVID-19 di daerah yang berada sejauh 270 kilometer sebelah utara Kota Bengkulu, namun penambahan jumlah ODP di daerah tersebut belum masuk dalam rekap data provinsi.
 
ODP COVID-19 di Mukomuko bertambah puluhan orang. (Foto Antarabengkulu.com)


“Kalau provinsi, memang saya lihat datanya masih segitu. Kami sudah sampaikan malam tadi, kemungkinan mereka melakukan rekapnya yang susah sehingga belum ada perubahan data,” ujarnya.

Dinas Kesehatan menyebutkan sebanyak 60 orang warga masyarakat setempat ditetapkan sebagai ODP COVID-19 di daerah ini berdasarkan riwayat perjalanannya dari wilayah yang terjangkit virus corona baru serta memiliki gejala seperti demam.

Tim gabungan yang terdiri dari pemerintah setempat, polisi dan TNI hingga masih terus memantau kesehatan baik ODP maupun PPT atau pelaku perjalanan wilayah terjangkit virus corona.

Sementara itu, ia mengatakan, Dinas Kesehatan setempat sampai sekarang belum menerima alat cepat pemeriksaan pasien terkait dengan virus corona dari pemerintah provinsi.

“Kami sudah menghubungi provinsi untuk menanyakan alat cepat pemeriksaan pasien terkait dengan COVID-19,” ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020