Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu mendata ada 95 orang yang kontak dengan karyawan Bank Bengkulu yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan sebanyak 95 orang itu diantaranya istri, tiga orang anak dan satu orang pembantu rumah tangga, sebanyak 40 orang rekan kerjanya di Bank Bengkulu dan 50 orang tetangga pasien positif COVID-19.

Baca juga: Satu karyawan Bank Bengkulu diisolasi terkait COVID-19

Namun, kata Herwan, dari 95 orang tersebut hanya lima orang yang diambil sampel dahaknya untuk diuji di laboratorium Balai Besar Kesehatan di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Lima orang tersebut yakni istri, tiga orang anak dan satu orang pembantu rumah tangga pasien.

"Tadi tim sudah melakukan skrining, kemudian langsung diambil swab dan sudah siap. Besok pagi akan dikirim Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang," kata Herwan di Bengkulu, Jumat.

Herwan menyebut, jika tidak ada halangan kemungkinan hasil uji laboratorium tersebut sudah bisa diketahui sekitar tiga hari kedepan, apakah lima orang yang kontak erat dengan pasien positif COVID-19 tersebut positif atau negatif COVID-19.

Baca juga: Dinkes Bengkulu telusuri riwayat kontak pasien positif COVID-19

Dari 40 orang rekan kerja pasien positif COVID-19 di Bank Bengkulu yang dilakukan skrining, baru enam orang yang dilakukan rapid tes atau tes cepat dan seluruhnya hasilnya negatif COVID-19.

Begitu pula 50 orang tetangga pasien, baru 12 orang yang dilakukan rapid tes dan semuanya hasilnya juga negatif COVID-19.

"Bagi orang-orang yang kontak erat ini sudah kita beritahu agar mereka melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing," papar Herwan.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020