Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan pemerintah provinsi setempat telah menetapkan satu kelompok tani di wilayah Desa Sedang Mulya sebagai penerima bantuan "chopper", mesin pencacah pelepah sawit menjadi pakan ternak.

“Pemerintah provinsi telah melakukan verifikasi data sejumlah kelompok tani daerah ini yang diusulkan menerima bantuan 'chopper' dan kelompok tani yang penerima chopper di wilayah Desa Sedang Mulya, Kecamatan Penarik,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Kabupaten Mukomuko pada 2020 akan mendapatkan jatah satu unit “chopper”, mesin pencacah pelepah sawit menjadi pakan ternak untuk kelompok tani dari pemerintah provinsi setempat.

Ia mengatakan, bantuan satu unit chopper dari pemerintah provinsi setempat ini akan menambah jumlah bantuan mesin pembuat pakan hewan ternak yang diterima oleh kelompok tani di daerah ini.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian mulai Tahun 2018 memberikan bantuan sebanyak lima unit mesin pembuat pelepah sawit kepada lima kelompok tani, kemudian Tahun 2019 sebanyak tiga kelompok tani di daerah ini menerima bantuan tiga unit chopper. 

Kemudian tahun ini ada lagi penambahan bantuan satu unit mesin pembuat pakan ternak untuk kelompok tani dari pemerintah provinsi setempat.

Pemerintah memberikan bantuan mesin ini dalam rangka penyediaan pakan bagi hewan ternak dengan memanfaatkan limbah perkebunan kelapa sawit berupa pelepah tanaman sawit.

“Pelepah sawit sangat banyak di daerah ini. Dengan adanya mesin ini bisa membantu masyarakat peternak sapi, kambing dan kerbau dalam mendapatkan pakan ternaknya,” ujarnya.

Ia menyatakan, silahkan kelompok tani yang ingin menjadikan mesin ini sebagai usahanya atau bisnis. Kalau sekarang ini fungsinya sebagai penyediaan pakan ternak untuk anggota kelompoknya masing-masing.***1***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020