Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menginventarisir ruas jalan lain selain Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan daerah ini dengan Provinsi Sumatera Barat untuk diusulkan dibangun pos pengawasan terhadap kedatangan setiap warga dari dan luar daerah ini yang masuk dan ke luar melalui jalan tersebut.

“Kami telah menghubungi pihak terkait untuk menginventarisir jalan itu yang mana jalan tersebut yang masuk yang bisa dibuat pos jalan satu jalur, dan itu jalannya untuk masuk kita ini,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Syahrizal dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

BPBD melakukan inventarisir setelah diketahui ada akses jalan lain selain Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan daerah ini dengan Provinsi Sumatera Barat, sehingga tidak adanya pengawasan kedatangan warga yang masuk ke daerah ini melewati jalan tersebut.

Pihaknya telah meminta kepada instansi terkait dalam hal ini pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat untuk menginventarisir jalan tersebut dan sebagian gambar jalan disampaikan ke instansi ini.

Terkait dengan jalan yang mana yang masuk yang bisa dibuat pos tetapi jalan satu jalur, ia mengatakan, berdasarkan data dari instansi terkait, jalan ini aksesnya dua tempat daru satuan pemukiman (SP) VIII Desa Sumber Makmur ke Wonosalam lewat jalan BMK23, jalan akses ke SKM memuju SP VIII.

Kemudian lewat BM24. Jalur yang berdekatan bisa di BMK23 dengan ketentuan masyarakat yang masuk dari BMK24 diarahkan ke BMK23, atau sebaliknya karena berdekatan.

“Kami masih menunggu data akses jalan satu jalur dari instansi terkait untuk diusulkan dibangunkan pos pemeriksaan kedatangan warga dari luar daerah ini yang melewat jalan ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, penanganan di situ didirikan pos mini. Paling tidak ada beberapa orang petugas puskesmas yang ada wilayah itu yang melakukan pemeriksaan kesehatan warga yang keluar dan masuk dari dan luar daerah ini. ***3***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020