Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu memprakirakan tinggi gelombang laut di perairan Bengkulu berpotensi tiga meter, meskipun saat ini rata-rata 2,5 meter.

"Berdasarkan peringatan dini BMKG, gelombang laut tiga meter berpotensi terjadi di perairan barat Bengkulu," kata Analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah di Bengkulu, Senin.

Ia menjelaskan gelombang laut di perairan Enggano diprakirakan setinggi 2,5 meter, angin di wilayah itu bertiup dari utara hingga Ttimur dengan kecepatan berkisar 05-18 knot.

Angin di perairan Bengkulu berpeluang terjadi dari barat daya hingga timur laut dengan kecepatan berkisar 03-17 knot, di wilayah itu berpeluang hujan sedang.

Angin di perairan barat Bengkulu bertiup dari utara hingga tenggara dengan kecepatan berkisar 05-20 knot, di wilayah itu berpeluang hujan sedang.

Berdasarkan citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan di Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Barat, dan Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Enggano, dan Samudra Hindia barat Aceh hingga barat Bengkulu.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari barat daya hingga timur laut dengan kecepatan berkisar 05-30 kilometer per jam atau 03-17 knot.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar berpotensi hujan ringan hingga sedang, sedangkan suhu udara berkiar 19-28 derajat Celcius dan kelembaban antara 72-99 persen.

Daerah berpotensi dilanda hujan sedang itu, antara lain Bengkulu Utara, Lebong, dan Kabupaten Kepahiang, sedangkan daerah lainnya hujan ringan. (Antara)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013