Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menerima pengiriman hasil tes swab (usapan tenggorokan) empat orang warga setempat yang terindikasi terpapar virus corona dan hasilnya semuanya dinyatakan negatif COVID-19.

“Sudah dikirim dan hasil tes swab empat orang ini negatif COVID-19. Selain empat orang ini tidak ada lagi tes swab warga di daerah ini,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Sebanyak empat orang warga di daerah ini yang dinyatakan negatif COVID-19 tersebut terdiri dari tiga orang laki-laki dan satu perempuan, yakni LR (49), DK (36), RN (20) dan HI (28).

Dari empat orang warga setempat ini, satu orang LR sebelumnya dinyatakan reaktif COVID-19 dari hasil tes cepat atau rapid test oleh petugas Puskesmas, kemudian dua orang DK dan HI, orang kontak terdekat dengan LR.

Karena kedua orang ini kontak terdekat jadi petugas medis memeriksa dua orang ini dan mengambil sampel. Orang terdekat erat seperti itu sama dengan kejadian sejumlah pegawai rumah sakit yang dinyatakan reaktif COVID-19 dari hasil tes cepat, sehingga istri dan anak dipanggil ke rumah sakit, cuma belum diperiksa.

Sedangkan terhadap dua orang yang kontak langsung dengan orang yang reaktif COVID-19 dari hasil tes cepat ini, kebetulan langsung diperiksa kesehatannya tidak ada salahnya sampelnya dikirim ke laboratorium karena dua orang ini kontak terdekat dengan yang bersangkutan.

Sedangkan satu orang perempuan RN (20) dari wilayah Bantal yang merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) rumah sakit di daerah ini merupakan PDP yang telah menjalani tes swab tetapi hasilnya invalid.

Kemudian petugas medis kembali mengambil sampel perempuan ini dan mengirimkannya ke laboratorium dan hasilnya satu PDP dari rumah sakit daerah ini dinyatakan negatif COVID-19.***3***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020