Mukomuko (Antara Bengkulu) - Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Ichwan Yunus mengajak warganya menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang tinja sembarangan di pantai.

"Kami perhatikan kesadaran warga menjaga lingkungan masih rendah dengan masih ada tinja berceceran di pantai," katanya di Mukomuko, Rabu.

Ichwan Yunus menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada peringatan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Darma Wanita Persatuan ke 13 di gedung Tim Penggerak Pesatuan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) setempat.

Ia berharap anggota Darma Wanita Persatuan di daerah itu bisa menjaga lingkungan sekitar terutama sekali di rumah tangga.

Dirinya prihatin karena kesadaran warga menjaga lingkungan masih rendah dengan bercecerannya tinja apalagi di pantai dan keberadaan kotoran manusia itu itu justru merusak lingkungan di sekitarnya.

"Jangan lagi membuang tinja sembarangan di pinggir pantai karena akan mencemari lingkungan," katanya.

Termasuk juga sampah, kata dia, agar dibuang pada tempatnya sehingga sampah itu nantinya dapat dimanfaatkan menjadi barang-barang yang berguna dan memiliki nilai ekonomi seperti kegiatan Darma Wanita Persatuan daerah itu.

"Daur ulang sampah yang menjadi kegiatan Darma Wanita Persatuan itu sangat baik selain lingkungan sehat juga ada nilai ekonominya," tambahnya.

Kepala Kantor Lingkugan Hidup Kabupaten Mukomuko Risber A Razak mengatakan tahun ini sebanyak 105 tong sampah yang akan disebarkan di pemukiman penduduk agar warga tidak membuang sampah sembarangan.

"Tong sampah itu terdiri atas tiga jenis yakni tong sampah khusus sampai organik, non organik, dan sampah bahan berbahaya dan beracun (B3)," katanya.

Ia menerangkan, tiga jenis tong sampah itu disediakan agar warga belajar mengelola sampah di daerah itu.(ant)

Pewarta:

Editor : Ferri Aryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013