Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu menyebutkan, prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu 12 jam kedepan dua meter, lebih tinggi dari sebelumnya 1,5 meter.

Bervariasinya tinggi gelombang di perairan Bengkulu, juga terjadi diperairan Enggano tingginya dua meter, sedangkan sebelumnya rata-rata 1,5 meter, kata analisis BMKG stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti, di Bengkulu, Sabtu.

Ia mengimbau nelayan Bengkulu tetap selalu waspada akan ancaman gelombang tinggi karena hebusan angin di wilayah perairan Bengkulu bertahan pada kecepatan 18 knots perjam.

Angin di perairan Bengkulu berpeluang bertiup dari arah Tiur laut hingga Barat Daya dengan kecepatan berkisar 03-16 knots dan angin di perairan Enggano berhembus dari arah tenggara hingga Barat laut dengan kecepatan berkisar 03-17 knots.

Angin di Barat Bengkulu juga berhembus dari arah Tenggara hingga Barat laut dengan kecepatan antara 05-18 knots dan tinggi gelombangnya dua meter.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh, Sumatera Barat dan Mentawai, Selatan Bengkulu, Enggano, Palembang hingga Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat Daya hingga Timur Laut dengan kecepatan berkisar 05 - 28 km/ jam atau 03 - 16 knots.

Perkiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya terjadi berawan, hujan ringan hingga hujan sedang pada sore hingga malam hari, terutama di Bengkulu Selatan dan Kota Bengkulu, suhu udaranya berkisar 23-32 derajat celcius dan kelembaban antara 62-96 persen.

Sedangkan du Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang berpeluang terjadi hujan sedang hingga lebat, suhu udara berkisar 21-29 derjat celcius dan kelembaban antara 68-98 persen, ujarnya. (Antara)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013