Anggota TNI dari Kodim 0409/Rejang Lebong, Bengkulu membantu pengamanan penjagaan posko perbatasan dengan Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan guna mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah itu.

Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Sigit Purwoko melalui Komandan Koramil Padang Ulak Tanding (PUT) Kapten Inf Retno Suwarno saat dihubungi di Rejang Lebong, Senin, mengatakan penempatan anggota TNI dari Koramil setempat guna membantu petugas gabungan mencegah adanya pemudik yang akan masuk atau keluar dari Provinsi Bengkulu.

"Anggota TNI yang tergabung dalam Satgas Posko COVID-19 di perbatasan Curup-Lubuklinggau ini diterjunkan guna membantu pengamanan dan mencegah masuknya masyarakat yang berasal dari zona merah ke wilayah Provinsi Bengkulu," kata dia.

Petugas yang ditempatkan di posko ini tambah dia, selain ikut mengamankan jalannya pemeriksaan pengecekan suhu tubuh pengemudi, pengecekan jumlah penumpang setengah dari kapasitas kendaraan, pengecekan domisili sesuai dengan KTP dan penyemprotan disinfektan terhadap kendaraan yang masuk dari wilayah perbatasan.

"Kita juga mengimbau jika ada warga masyarakat yang akan mudik agar tidak melakukannya, dan kita arahkan untuk kembali. Begitu pula warga masyarakat yang akan keluar juga diimbau untuk menunda terlebih dahulu perjalanannya," tambah dia.

Kegiatan yang dilaksanakan anggota Koramil PUT itu sendiri kata Retno, merupakan tindak lanjut perintah dari komando atas berdasarkan arahan Dandim 0409/Rejang Lebong dalam upaya membantu pemerintah daerah melakukan pencegahan dan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Rejang Lebong.

Saat bertugas di lapangan, anggota TNI ini juga mengimbau dan mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan dan penyebaran virus mematikan itu dengan tidak keluar rumah, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker serta tidak mudik.***2***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020