Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyebutkan semua desa di daerah ini telah menyelesaikan pembagian bantuan langsung tunai (BLT) dana desa kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di 148 desa.

“Berdasarkan laporan dari camat masih ada tiga desa yang belum membagikan yakni Desa Serami Baru, Desa Talang Sepakat dan Desa Talang Petai, tetapi tiga desa telah siap membagikannya sejak hari Rabu (3/5),” kata Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko M. Fadli di Mukomuko, Kamis.

Ia menjelaskan Desa Serami Baru, Kecamatan Malin Deman terlambat membagikan BLT kepada masyarakatnya karena ada pergantian perangkat desa, begitu juga dengan desa lain.

Sekarang ini beberapa desa tersebut telah selesai melakukan pergantian perangkat desa sehingga bisa membagikan BLT kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di wilayahnya masing-masing.

Ia memastikan beberapa desa yang terlambat membagikan BLT kepada masyarakatnya bukan karena desa tersebut terlambat menerima penyaluran dana BLT sebesar 15 persen.

“Semua desa di daerah ini menerima penyaluran dana BLT sebesar 15 persen dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) ke setiap rekening desa di daerah, selanjutnya desa yang membagikan BLT kepada masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya desa melakukan musyawarah desa dan membuat peraturan kepala desa terkait dengan keluarga masyarakat yang terdampak COVID-19 sebagai penerima bantuan sosial tersebut.

Ia mengatakan setelah semua desa di daerah ini menyelesaikan pembagian BLT kepada masyarakatnya masing-masing, selanjutnya desa ini menunggu penyaluran anggaran BLT tahap kedua sebesar 15 persen dari KPPN ke rekening setiap desa di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020