Pihak Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat untuk memberikan kelonggaran bagi kendaraan dari dan luar daerah ini yang masuk dan keluar melewati perbatasan daerah ini dengan Sumatera Barat.

“Sampai sekarang kita lihat ini belum ada keputusan kapan diberlakukan di wilayah Kabupaten Mukomuko, maka menyesuaikan. Untuk sementara tetap seperti sebelumnya karena belum ada keputusan Kabupaten Mukomuko memberlakukan new normal,” kata Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko AKBP Andy Arisandi di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan hal itu menanggapi terkait pengawasan mobilitas kendaraan yang masuk dan keluar melalui di perbatasan daerah ini dengan Provinsi Sumatera Barat dan sudah habisnya larangan mudik lebaran tahun ini.

Dan kegiatan kepolisian resor setempat dalam memperketat pengawasan mobilitas dan kedatangan kendaraan kemudian meminta putar balik semua kendaraan pemudik yang melintas di Jalan Lintas Sumatera di perbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat.

Ia mengatakan, bahwa pemerintah pusat sekarang ini sedang membangun tatanan baru, istilahnya new normal, dan kepolisian juga mengakomodir itu, bagaiamana aktivitas kembali normal tetapi memperhatikan protokol kesehatan.

Terkait dengan kendaraan yang masuk dan keluar dari dan luar daerah ini yang melewati perbatasan dengan Provinsi Sumatera barat, katanya, terhitung sejak Operasi Ketupat Nala 2020 sebanyak 108 kendaraan pemudik dan semuanya diminta putar balik ke wilayah asalnya.

Menurutnya, kalau grafik yang sebelumnya diprediksi jumlah kendaraan yang mudik mengalami peningkatan, tetapi sebaliknya malah mengalami penurunan drastis dibandingkan kendaraan pemudik tahun sebelumnya.

“Kemungkinan sudah banyak masyarakat setempat yang menyadari tentang aturan terkait larangan mudik di tengah pandemi COVID-19 sehingga hanya sedikit sekali kendaraan yang mudik melewati perbatasan daerah ini dengan Provinsi Sumatera Barat,” ujarnya pula.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020