Bengkulu (Antara) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, gelombang laut perairan Bengkulu mencapai empat meter, lebih rendah dari sebelumnya, lima meter.

Angin di wilayah itu berpeluang berhembus dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan berkisar 10-25 knots, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Ferbrisurgiansyah, Sabtu.

Ia mengatakan gelombang laut tinggi empat meter itu juga terjadi di perairan Enggano, angin di wilayah itu bertiup dari arah sama dengan kecepatan berkisar 05-23 knots.

Sedangkan gelombang laut di perairan Bengkulu diprakirakan 3,5 meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Barat hingga Timur laut dengan kecepatan berkisar 05-22 knots, di wilayah itu berpeluang hujan ringan.

Peringatan dini BMKG menyebutkan, gelombang Laut dengan tinggi 2-4 meter dapat terjadi di perairan Bengkulu, Enggano, dan Samudera Hindia Barat Daya Bengkulu.    

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh bagian Barat, Sumatera Utara bagian Utara dan Barat dan Sumatera Barat bagian Utara.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan berkisar 09 - 38 km/jam atau 05 - 20 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar hujan ringan, namun ada beberapa daerah terjadi cerah berawan pada sore hingga malam hari.

Daerah berpotensi hujan ringan itu antara lain Bengkulu Selatan, Rejang Lebong dan Kabupaten Lebong dengan suhu antara 21-29 derajat celcius dan kelembaban antara 65-97 persen, ujarnya. (Antara)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013