Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 810 keluarga di daerah ini mendapatkan bantuan pangan non-tunai (BPNT) berupa paket bahan pokok melalui program perluasan bantuan sosial ini.

“Tahun ini kita dapat program perluasan BPNT dari pemerintah. Ada penambahan sebanyak 810 keluarga yang mendapatkan program perluasan BPNT ini,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Saroni, dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Ia mencatat tahun ini sebanyak 8.852 keluarga miskin yang tersebar di sejumlah desa di daerah ini yang mendapatkan bantuan pangan non-tunai dari pemerintah pusat, berkurang dibandingkan sebelumnya sebanyak 9.221 keluarga.

Sedangkan 810 keluarga warga miskin yang baru mendapatkan program perluasan BPNT tahun ini merupakan keluarga miskin yang berada di luar keluarga warga di daerah ini yang sebelumnya menerima bantuan yang sama.

“Ratusan keluarga yang mendapatkan program perluasan BPNT ini merupakan keluarga yang pernah diusulkan oleh Dinsos untuk tambahan calon penerima bantuan program bantuan sosial ini,” ujarnya pula.

Sekarang ini, katanya, ratusan keluarga yang mendapatkan program perluasan BPNT ini menunggu terisi saldo dalam kartu kesejahteraan sosial (KKS) setiap penerima bantuan ini.

Sedangkan nominal dana yang akan diterima oleh setiap keluarga warga miskin di daerah ini masih sama dengan yang sebelumnya menerima bantuan ini yakni sebesar Rp250 ribu, mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya sebesar Rp200 ribu.

Bantuan dana sebesar ini untuk membeli berbagai jenis bahan kebutuhan pokok yang telah disediakan di e-warung yang tersebar di sejumlah wilayah yang berada di daerah ini. Karena ada penambahan nominal dananya sehingga jenis kebutuhan pokoknya juga bertambah dari sebelumnya beras dan telur, kini ada penambahan protein nabati seperti salah satunya kacang kacangan atau ikan.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020