Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta semua desa di daerah ini segera membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap ketiga kepada warga tergolong ekonomi miskin yang terdampak COVID-19.

“Dana desa untuk BLT sudah disalurkan ke semua desa di daerah ini, selanjutnya kami meminta desa segera membagikannya kepada warganya masing-masing,” kata Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko M. Fadli di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan hal itu setelah menerima laporan terkait BLT Dana Desa tahap ketiga yang sudah masuk ke rekening seluruh desa di daerah ini dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Selanjutnya ia mengatakan, instansinya akan menyampaikan kepada seluruh desa di daerah ini untuk segera mencairkan dan membagikan BLT dana desa kepada warga di wilayahnya masing-masing.

Dari sebanyak 148 desa di daerah ini, sebanyak 142 desa di antaranya menerima penyaluran dana desa sebesar 10 persen ketiga untuk tahap ketiga dan enam desa menerima penyaluran dana desa sebesar 15 persen kedua tahap kedua.

Sedangkan Jumlah keluarga penerima manfaat BLT dana desa di daerah ini pada tahap kedua sebanyak 9.037 keluarga, berkurang dibandingkan sebelumnya sebanyak 9.114 keluarga.

Jumlah data penerima BLT dana desa berdasarkan perkades (peraturan kepala desa) yang pertama sebanyak 9.170 keluarga, setelah proses penyaluran tahap satu berkurang menjadi sebanyak 9.114 keluarga, kemudian tahap kedua berkurang lagi menjadi 9.037 keluarga.

Ia menyatakan, para penerima BLT dana desa ini tidak hanya keluarga warga yang tergolong ekonomi miskin di desa daerah ini tetapi ada juga sebagian keluarga yang sebelumnya tergolong ekonomi mampu yang terdampak COVID-19 seperti pemilik usaha hiburan organ tunggal dan pedagang kantin sekolah.***3***
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020