Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menargetkan pembagian BLT Dana Desa tahap ketiga untuk masyarakat miskin yang terdampak COVID-19 di daerah itu selesai selama lima hari terhitung Senin (13/7) hingga Jumat (17/7).

“Pembagian BLT Dana Desa selesai lima hari mulai hari Senin (13/7) hingga Jumat (17/7) pembagian,” kata Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko M. Fadli di Mukomuko, Selasa.

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahap ketiga masuk ke rekening sebanyak 148 desa di daerah ini pada hari Jumat (10/7) dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Setelah itu ada sekitar 20 desa yang tersebar di Kecamatan Selagan Raya, Penarik, Kecamatan Teras Terunjam, Kecamatan Sungai Rumbai dan Kecamatan Kota Mukomuko yang mulai membagikan BLT Dana Desa kepada warganya pada hari Sabtu (11/7) hingga Senin (13/7).

Ia mengatakan, terhitung pembagian BLT Dana Desa harus selama lima dengan alasan jauhnya jangkauan dari desa mencairkan dana di Bank Bengkulu serta uang sebanyak itu.

Untuk itu, ia mengatakan, pihaknya telah menyarankan agar desa segera melakukan pencairan dana BLT di bank kemudian dana tersebut dibagikan kepada penerima manfaat bantuan sosial ini.

“Tidak ada alasan lagi dari desa belum membagikan BLT karena dananya belum masuk karena dana BLT tersebut telah masuk ke rekening desa untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan, pihaknya juga menyarankan desa untuk segera melakukan musyawarah khusus desa terkait dengan pergeseran kegiatan fisik dan kegiatan lain untuk BLT.

Ia mengatakan, perangkat desa harus melibatkan Badan Perwakilan Desa untuk melakukan musyawarah khusus desa karena ada kewenangan badan ini untuk menyetujui pergeseran kegiatan fisik untuk BLT sekaligus perubahan APBDes akhir Juli ini.

Desa harus melakukan musyawarah khusus desa terkait dengan perubahan PMK Nomor 50 Tahun 2020, BLT dana desa ditambah dari tiga bulan menjadi enam bulan, tetapi dana BLT bulan keempat hingga keenam masing-masing sebesar Rp300 ribu per bulan.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020