Mukomuko (Antara Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan sekitar 1.000 orang untuk formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil tahun ini untuk kebutuhan tenaga pemerintah daerah setempat hingga 2015.

"Dari analisa jabatan (anjab), sekitar 1.000 orang formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) itu merupakan kebutuhan tenaga pemerintah setempat hingga 2015 dan telah diusulkan ke Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara," kata Kabid Pengembangan dan Pendataan Pegawai Badan Kepegawaian, Pendidikan, Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Mukomuko Edi Suntono di Mukomuko, Selasa.

Jika usulan sekitar 1.000 orang formasi CPNS itu terealisasi tahun 2013, maka kekurangan tenaga di satuan kerja perangkat daerah (SKPD), bidang kesehatan, tenaga guru, dapat terpenuhi.

Ia mengatakan dari usulan sekitar 1.000 orang lebih formasi CPNS itu, sebanyak 200 orang dibutuhkan tenaga CPNS dari tamatan SMA, untuk personel satuan polisi pamong praja (Satpol PP), polisi kehutanan (Polhut), pramu kantor, dan supir atau driper.

Karena, kata dia, untuk jumlah personel Satpol PP yang bersatatus sebagai PNS sekarang itu hanya ada 30 orang dan tiga orang polhut, sementara pramu kantor, dan driper belum ada.

Dari usulan sekitar 1.000 orang formasi CPNS daerah itu, pihaknya belum tahu jumlah formasi CPNS yang disetujui oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), karena masih dalam pembahasan.

Kendati demikian, ia berharap penerimaan CPNS jalur umum tahun 2013, untuk formasi CPNS dari SMA dapat terealisasi minimal sebanyak 100 orang, kemudian sisanya 100 orang tahun berikutnya.

Karena, lanjutnya, tidak hanya tenaga guru dan kesehatan saja yang dibutuhkan tetapi juga tenaga PNS tamatan SMA untuk mengisi kekurangan di SKPD yang membutuhkan tenaga mereka.

Sementara itu, lanjutnya, untuk mengetahui lebih lanjut jumlah formasi untuk daerah itu dari rapat kordinasi membahas formasi katagori II dan formasi umum di Bangka Belitung pada 21 - 23 Maret 2013.

Rapat itu akan dihadiri oleh sejumlah pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di bawah wilayah kerja Badan Kepegawaian Negara regional VII.(ant)

Pewarta:

Editor : Ferri Aryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013