Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta panitia  menyemprotkan cairan disinfektan di lokasi penyembelihan hewan kurban guna mencegah penyebaran COVID-19 di daerah ini.

“Kami telah sampaikan kepada panitia pemotongan hewan kurban agar sebelum dan setelah pemotongan, lokasi pemotongan disemprotkan cairan disinfektan guna mencegah penyebaran COVID-19,” kata Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kabupaten Mukomuko Peri Irawan di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan hal itu guna menindaklanjuti surat edaran dari Kementerian Agama RI terkait dengan protokol kesehatan dalam menjalankan ibadah Shalat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban.

Ia menjelaskan, protokol kesehatan dalam menjalankan ibadah Shalat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban secara umum masih sama yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan memakai sabun dan hand sanitizer.

Pada masa pandemi COVID-19 ini, ia meminta, panitia pemotongan hewan kurban di daerah ini mencegah adanya keramaian saat pemotongan hewan kurban hingga pembagian daging hewan ini.

Untuk itu, ia meminta, pengurus dan panitia pemotongan hewan kurban di daerah ini untuk tidak lagi membagikan kupon daging kurban kepada masyarakat yang penerima daging.

Tetapi panitia pemotongan hewan kurban yang mendistribusikan atau membagikan daging hewan kurban secara “door to door” ke setiap rumah warga yang menjadi sasaran penerima daging hewan kurban.

Menurutnya, pembagian daging hewan kurban ke setiap rumah warga di daerah ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya kerumunan orang yang antre mengambil daging hewan kurban.

Sementara itu tidak semua warga di daerah ini yang melakukan pemotongan hewan kurban pada hari Jumat karena singkatnya waktu pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha.

Panitia pemotongan hewan kurban Masjid Darussalam Desa Medan Jaya Supradanur mengatakan masjid ini melakukan pemotongan sebanyak delapan ekor hewan kurban pada hari Sabtu (1/8).

“Kita melakukan pemotongan hewan kurban pada hari Sabtu (1/8) karena singkatnya waktu pada hari Jumat yang bertepatan dengan dengan shalat Jumat,” ujarnya.*

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020