Bengkulu (ANTARA Begkulu) - Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan Memasang 'branding' "8 Tekad Bengkulu-ku Bersih 2013" pada kaca belakang mobil Kijang Innova yang dipakai sebagai kendaraan dinasnya.

"Ini menunjukkan bahwasanya 8 Tekad Bengkulu-ku Bersih ini merupakan suatu hal yang sangat penting, dan bahwasanya kendaraan dinas Wali Kota merupakan sebagai alat penunjang mobilitas," kata Helmi saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis.

Mobilitas Wali Kota dengan memakai kendaraan dinas tersebut menjadi suatu tempat yang strategis untuk mengkomunikasikan tekad Pemerintah Kota Bengkulu kepada warganya dengan memasang branding "8 Tekad Bengkulu-ku Bersih 2013".

Dalam 8 Tekad Bengkulu-ku Bersih 2013 tersebut tertera bentuk-bentuk usaha untuk membentuk jiwa masyarakat yang madani serta lingkungan yang bersih indah dan sehat, delapan tekad tersebut terdiri atas:bersih, indah, sejuk, sehat, aman, religius, kreatif dan peduli.

"Dengan delapan tekad tersebut kita bisa membuat Kota Bengkulu ini menjadi lebih bersih, indah, rapi dan sehat," katanya.

Dia mengatakan Wali Kota membutuhkan dukungan serta kerja sama masyarakat agar dapat menciptakan Kota Bengkulu yang lebih baik.

"Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, kita membutuhkan masyarakat, marilah kita menganggap Kota Bengkulu ini menjadi rumah sendiri, ibarat rumah kan tidak mungkin kita biarkan kotor karena itu rumah kita seniri, ada sampah kita pungut. berbeda dengan hotel, itu milik orang lain, ketika ada sampah kita langsung memanggil petugas kebersihannya walaupun itu kamar tidur kita," kata Wali Kota itu.

Menurutnya dengan menganggap Kota Bengkulu menjadi milik kita, hal tersebut akan memunculkan rasa sayang dan keinginan untuk merawat dan menjaganya.

Wali Kota tidak hanya memberikan imbauan kepada warganya dengan memasang baliho serta branding Bengkulu-ku Bersih namun juga ikut turun ke lapangan untuk membersihkan lingkungan sebagai bukti nyata kepedulian Helmi sebagai Wali Kota Bengkulu terhadap lingkungan dan warganya.

Sebagai langkah konkret demi Kota Bengkulu yang bersih, indah dan sehat, Wali Kota H. Helmi Hasan pada sabtu pagi (2/3) pukul 07.00 WIB meninjau pelaksanaan gotong royong yang dilakukan di 9 kecamatan yang ada di Kota Bengkulu, peninjauan yang dilakukan merupakan rangkaian dari roadshow BBGRM (Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat) ke X, sekaligus bagian dari lomba kebersihan antar 67 kelurahan yang ada di Kota Bengkulu.

Wali Kota juga bergabung langsung bersama warga yang sedang bergotong-royong membersihkan lingkungan, beberapa titik lokasi yang disinggahinya adalah di kawasan GOR Sawahlebar, di pinggir jalan persimpangan Karabela-Tebeng, Gang Harapan Kelurahan Rawamakmur RT.03, RW.01, di gang harapan itu Wali Kota yang didampingi sekretaris daerah, para asisten dan kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu disambut hangat oleh puluhan warga yang sedang melakukan aktivitas gotong-royong.

Ketika melakukan pemantauan Wali Kota Bengkulu menemukan salah seorang warganya sedang membersihkan pekarangan rumah, ia langsung turun dari mobil dinas toyota Innova-nya dan menghampiri warganya bernama Darmawan yang tinggal di RT. 14 RW.03 Kelurahan Lempuing yang sedang membersihkan halaman depan rumahnya.

“Nah iko contoh warga yang peduli dengan lingkungannyo,” kata Helmi.

wali Kota H. Helmi Hasan menghampirinya dan langsung memberikan uang tunai sebagai tanda semangat bergotong royong dan membersihkan lingkungan sekitar rumah.

“Aku dak nyangko nian dapek piti ko,” ujar Darmawan dengan logat bahasa bengkulu.

Darmawan merasa sangat senang mendapatkan apresiasi dari Wali Kota Bengkulu atas kesadarannya untuk membersihkan pekarangan sekitar rumahnya dengan hadiah yang diberikan Wali Kota tersebut ia merasa terpacu untuk menjaga, merawat lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Di sela-sela aktivitas gotong royong bersama warga, wali Kota tidak lupa berpesan agar para warga tidak hanya mengandalkan pemerintah saja, melainkan warga memiliki kesadaran sendiri-sendiri untuk membersihkan lingkungan, dimulai dari lingkungan rumahnya sendiri.(blw/hms/adv)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013