Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu akan menggelar lomba pidato masalah kependudukan tingkat provinsi.

Hal itu upaya menumbuh kembangkan respon serta pengetahuan masyarakat tentang kependudukan, kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Widati melalui Kepala Sub Bidang Kerjasama Pendidikan dan Kependudukan BKKBN Mawardi kepada wartawan di kantornya baru ini.

Rencana kegiatan lomba akan menggelar pada 18-19 Mei 2013 dengan ketentuan peserta unsur generasi muda, mahasiswa, pelajar tingkat menengah atas, unsur forum generasi berencana (GenRe), PIK Remaja dan Mahasiswa, serta organisasi pemuda dan remaja masjid, ujarnya.

Terdapat dua kategori dalam pelaksanaan lomba yang melibatkan generasi muda tersebut, berdasarkan umur yaitu kategori remaja usia 15 sampai 19 tahun dan kategori dewasa muda usia 20 sampai 24 tahun.

Ia menyebutkan, selain itu terdapat ketentuan khusus bagi peserta lomba masing-masing kabupaten agar mengirimkan perwakilan sebanyak dua orang ditambah satu orang pendamping, dan khusus peserta dari kota dan sekitarnya sebanyak 23 orang dari semua unsur elemen generasi muda.

Ia mengatakan, calon peserta dapat mendaftar langsung di kantor BKKBN Provinsi Bengkulu Jl. Pembangunan No.10 padang harapan kota Bengkulu di mulai dari tanggal 1 April sampai dengan 10 Mei 2013 setiap hari jam kerja.

" Tema yang akan dilombakan mencakup masalah kependudukan dengan lingkungan hidup, masalah kependudukan dengan masalah ekonomi, masalah kependudukan dengan masalah pendidikan, masalah kependudukan dengan kehidupan politik, pertahanan, keamanan, ketertiban, ketentraman, dan penegakan hukum, dan masalah kependudukan dengan kehidupan sosial budaya", katanya.

Setelah menggelar lomba tingka provinsi, bagi peserta yang measuk dalam 10 besar akan mengikuti lomba tingkat Nasional di Jakarta untuk bertarung remaja dari 33 provinsi di Tanah Air. " Pada 14 Agustus 2013 peserta yang masuk 10 besar di undang untuk mengikuti lomba penetapan pemenang I, II, III tingkat Nasional dan lomba secara Nasional yang akan diselenggarakan di Jakarta, pada tanggal 15 Agustus 2013," katanya.

Selain memenangkan terbaik tingkat nasional I, II, III, bagi pemenang terbaik I, II, III akan di undang untuk mengikuti acara peringatan Hari kemerdekaan RI 17 Agustus dan mengikuti acara bapak presiden dalam pembacaan nota keuangan di Gedung DPR RI, pungkasnya. (ve)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013