Bengkulu (Antara Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu memprakirakan tinggi gelombang laut di perairan Samudra Hindia barat Bengkulu berpotensi mencapai empat meter.

"Namun, dalam prakiraan saat ini tinggi gelombang laut barat Bengkulu sekitar 3,5 meter," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Sabtu.

Ia mengatakan berdasarkan peringatan dini BMKG Bengkulu, gelombang tinggi tetap berpotensi terjadi di perairan Bengkulu, dan perairan Enggano, meskipun saat ini tinggi gelombangnya rata-rata 2,5 meter.

Angin di perairan Bengkulu bertiup dari barat hingga timur laut dengan kecepatan 03-20 knots, dan angin di perairan Enggano bertiup barat hingga utara dengan kecepatan 05-22 knots.

Sedangkan angin di barat Bengkulu berpeluang berhembus dari barat daya hingga utara dengan kecepatan 05-25 knots. Di wilayah itu berpeluang hujan dengan curah sedang.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan berpeluang hujan ringan pada sore hingga malam hari. Namun, ada beberapa daerah berpeluang hujan dengan curah sedang hingga lebat.

Daerah yang akan terjadi hujan ringan antara lain Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, dan Kabupaten Kepahiang. Suhu udaranya 20-30 derajat Celcius, dan kelembaban 68-98 persen.

"Sedangkan daerah yang berpeluang terjadi hujan dengan curah sedang hingga lebat antara lain Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara dan Kabupaten Kaur. Suhu udaranya 23-31 derajat Celcius, dan kelembaban 64-98 persen," ujarnya.

Pewarta: Oleh Zulkifli Lubis

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013