Bengkulu (Antara Bengkulu) - Mantan Wali Kota Bengkulu Ahmad Kanedy mendaftarkan diri sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu.

"Saya memilih lembaga DPD karena waktu untuk menyerap aspirasi masyarakat lebih banyak," kata Bang Ken, sapaan akrabnya saat menyerahkan dukungan ke KPU Provinsi Bengkulu, Selasa.

Bang Ken menjadi pendaftar pertama untuk calon anggota DPD di KPU Provinsi Bengkulu dengan jumlah dukungan 4.227 KTP.

Menurutnya, terdapat lima program yang diusung yakni bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, infrastruktur dasar dan moral bangsa.

Bang Ken yang harus mengakui keunggulan pasangan Helmi Hasan-Patriana Sosialinda pada pemilihan wali kota dan wakil wali kota pada Desember 2012 mengatakan melayani masyarakat harus tetap dilakukan.

"Melayani masyarakat bisa lewat berbagai macam media, kalau dahulu saya pengambil keputusan, sekarang jadi pembawa suara dan aspirasi masyarakat," katanya.

Saat menyampaikan berkas dukungan ke KPU, Bang Ken mengatakan bidang ekonomi kerakyatan yang diperjuangkannya termasuk mengangkat derajat para petani.

Petani di Indonesia kata dia harus disejahterakan, salah satu caranya adalah menjamin harga-harga komoditas pertanian tidak anjlok.

"Kenyataannya saat panen raya, harga komoditas yang dihasilkan petani kita selalu anjlok, ini harus diantisipasi ke depan," katanya.

Untuk menampung aspirasi masyarakat, Bang Ken sudah membuka "rumah aspirasi" di Kota Bengkulu.

Dukungan dari "wong cilik" yakni tukang becak, tukang delman dan komunitas vespa antik turut mengantar Bang Ken ke KPU.

Bahkan perwakilan dari ketiga komunitas itu yang menyerahkan berkas dukungan kepada Komisioner KPU Provinsi Bengkulu.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Soemarno mengatakan Ahmad Kanedy menjadi calon anggota DPD pertama yang mendaftar dan menyerahkan berkas dukungan masyarakat berbentuk KTP.

"Syarat dukungan minimal 2.000 KTP dan pendaftaran untuk calon anggota DPD sama dengan partai politik, hingga 22 April," katanya.

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013