Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, mengungkap, ada sebanyak 36 desa dari 148 desa di daerah itu yang belum membagikan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) bulan keempat kepada warga terdampak COVID-19.

“Desa yang belum membagikan BLT-DD bulan keempat disebabkan ketersediaan dana di rekening desa kurang sehingga menunggu dana transfer dana desa tahap ketiga,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko M Fadli di Mukomuko, Senin.

Ia berharap, mudah-mudahan ada data terkini karena ada desa yang telah menerima penyaluran dana desa tahap ketiga.

Ia menyebutkan, dari sebanyak 148 desa di daerah ini, berkas 52 desa di daerah ini yang lengkap dan dalam waktu dekat ini menerima transfer atau penyaluran dana desa dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dan alokasi dana desa dari Badan Keuangan Daerah (BKD).

“Sebanyak 52 desa itu secara bertahap menerima transfer dana desa dari KPPN dan alokasi dana desa dari BKD dalam minggu ini juga sehingga bisa membagikan BLT-DD tahap keempat dan kelima,” ujarnya.

Ia menyebutkan, saat ini baru satu desa yang telah membagikan BLT-DD bulan kelima kepada warga terdampak COVID-19 karena desa itu masih punya stok dana di APBDes.

Ia mengatakan, kemungkinan desa itu lebih awal dibandingkan desa lain dalam membagikan BLT-DD bulan kelima kepada masyarakatnya karena mereka menggunakan dana kegiatan lainnya yang belum digunakan.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020