Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyebutkan sampai sekarang masih ada 11 desa dari 148 desa di daerah itu yang belum membagikan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) bulan keempat kepada warga terdampak COVID-19.

“Masih ada 11 desa lagi yang belum membagikan BLT-DD karena ketersediaan dana di rekening desa khusus untuk BLT-DD masih kurang,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko M Fadli di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan hal itu terkait dengan progres pembagian BLT-DD bulan keempat kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di 148 desa di daerah itu terhitung sampai tanggal 28 September 2020.

Sebanyak belasan di desa yang belum membagikan BLT-DD bulan keempat tersebar di tiga kecamatan yakni Kecamatan Pondok Suguh, Kecamatan Air Rami dan Kecamatan Air Dikit.

Sejumlah desa dari 11 desa ini telah mengajukan penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga dan desa ini menunggu penyaluran dana ini untuk membagikan BLT-DD kepada masyarakatnya.

Kemungkinan dalam waktu dekat ini ada beberapa desa di antaranya yang menerima penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga dari Badan Keuangan Daerah (BKD) dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Ia menyebutkan, saat ini sudah ada desa yang telah membagikan BLT-DD bulan kelima kepada warga terdampak COVID-19 karena desa tersebut masih punya stok dana di APBDes.

Selain itu, ia mengatakan, kemungkinan sejumlah desa yang telah membagikan BLT-DD bulan kelima karena desa ini telah menerima penyaluran BLT-DD tahap ketiga dari KPPN.

Ia mengatakan, jumlah keluarga penerima manfaat BLT-DD bulan keempat dan kelima tahun ini berkurang dibandingkan bulan pertama dan ketiga karena ada sebagian penerima yang mengundurkan diri.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020