Bengkulu (Antara Bengkulu) - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Bengkulu menyarankan televisi lokal lebih memperbanyak konten kearifan lokal dan tayangan yang mencerdaskan pemirsa.

"Kami mengharapkan televisi-televisi lokal memperbanyak konten kearifan dan siaran yang mencerdaskan, sesuai fungsi media," kata Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Bengkulu Fajri Ansyori di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan hal itu usai menyerahkan Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) kepada PT Media Sarana Televisi Bengkulu dengan nama Bengkulu Ekspress TV atau BE TV.

Perusahaan itu mendapat kanal 24 bersiaran dan sudah dapat melakukan ujicoba selama setahun.

Kearifan lokal yang diangkat diharapkan mampu menahan laju gerusan budaya, ditengah gencarnya siarans-siaran yang tidak sesuai dengan nilai-nilai masyarakat.

Dia berharap BE TV akan menjadi penyeimbang penyiaran lokal yang akan mengedepankan siaran yang berkualitas dan mencerdaskan.

"Karena harapan kepada TV nasional mulai sirna, jadi kami harapkan media ini bisa mengeksplor Bengkulu sehingga masyarakat menjadi cerdas," tambahnya.

Selain PT Media Sarana Televisi Bengkulu yang mendapat kanal 24 UHF, televisi lainnya yaitu PT Trans 7 Bengkulu-Jambi juga mendapat IPP pada kanal 35 UHF, serta PT Lativi Media Karya (TV One) Banjarmasin-Bengkulu yang mendapat kanal 44 UHF.

"Sebenarnya jumlah kanalnya ada lima, tapi sesuai Peraturan Menteri, dua kanal harus dialokasikan untuk wilayah Kota Bengkulu-Bengkulu Tengah," katanya.

Untuk itu PT Sindo TV, dan dua TV swasta lainnya akan diarahkan untuk menggunakan kanal daerah sekitar seperti Bengkulu Utara dan Seluma.

Ia mengatakan KPID tetap berusaha agar TV swasta yang sudah mengudara tetapi belum memiliki izin, tetap diupayakan mendapatkan izin atau kanal siaran. "Jangan sampai masyarakat yang sudah menonton dirugikan," katanya.

General Manager PT Media Sarana Televisi Bengkulu Sukatno mengatakan izin tersebut menjadi langkah awal bagi BE TV untuk cepat mengudara.

"Perjuangannya sudah sekitar empat tahun, kami bersyukur akhirnya izin perdana ini terbit," katanya.

Ia berharap kehadiran BE TV akan menambah kemajuan bagi daerah, dan menambah peluang kerja.(ANTARA)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013