Semua desa yakni sebanyak 148 desa di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu telah membagikan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) tahap ketiga kepada masyarakat terdampak COVID-19.

“Saat ini semua desa di daerah ini telah membagikan BLT-DD kepada masyarakatnya masing-masing,” kata Kasi Administrasi Penggunaan Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Wagimin di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti laporan jumlah penerima manfaat dan realisasi penyaluran BLT-DD bulan keempat yang berpedoman dengan peraturan kepala desa daerah ini.

Ia mengatakan, sebanyak 148 desa di daerah ini menyelesaikan pembagian BLT-DD tahap keempat karena semua desa ini telah menerima penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga.

“Semua desa di daerah ini sudah selesai menerima penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga, yang terakhir delapan desa sudah ditransfer ke rekening masing-masing desa tersebut tanggal 23 Oktober 2020,” ujarnya pula.

Beberapa desa dari delapan desa di daerah ini sebelumnya belum membagikan BLT-DD kepada masyarakat karena desa ini belum menerima penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga.

Ada satu desa dari delapan desa yakni Desa Sari Bulan yang belum melengkapi persyaratan dan menyerahkan kekurangan persyaratannya tersebut kepada instansinya ini. Desa ini belum melengkapi persyaratan berupa laporan PMK Tahun 2019 dan desa ini belum membayar pajak.


Meskipun sebanyak tujuh dari delapan desa telah melengkapi persyaratan untuk menerima penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga, namun instansinya belum bisa mengajukan tujuh desa ini.

Instansinya mengusulkan tujuh desa menunggu satu desa menyelesaikan kekurangan persyaratannya karena delapan desa ini satu kelompok untuk diusulkan menerima penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020