Bengkulu (Antara Bengkulu) - Tinggi gelombang laut di perairan Bengkulu dalam 12 jam ke depan diprakirakan mencapai dua meter, sebelumnya rata-rata 1,5 meter.

"Prakiraan tinggi gelombang laut dua meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Enggano dan perairan Barat Bengkulu," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Rabu.

Ia menjelaskan, angin di perairan Bengkulu berpeluang berhembus dari timur laut hingga barat daya dengan kecepatan 03-18 knots.

Selanjutnya angin di perairan Enggano berhembus dari timur hingga selatan dengan kecepatan 05-18 knots dan angin di perairan Barat Bengkulu berhembus dari tenggara hingga barat dengan kecepatan 05-18 knots.

Berdasarkan hasil pantauan citra satelit cuaca terlihat ada liputan awan hujan di wilayah Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Mentawai, Bengkulu hingga Barat Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari timur laut hingga barat, dengan kecepatan antara 05-30 km per jam, atau 03-17 knots.

Ia juga memprakirakan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian berpeluang hujan sedang hingga lebat antara lain terjadi di Kabupaten Bengkulu Tengah, Kepahiang dan Rejang Lebong, suhu udara berkisar 18-29 derajat Celcius, dan kelembaban 74-98 persen.

Sedangkan di Kabupaten Mukomuko, Seluma dan Kota Bengkulu berpeluang berawan hingga hujan ringan, suhu udara antara 23-32 derajat celcius dan kelembaban antara 64-98 persen, ujarnya.

Pewarta: Oleh Zulkifli Lubis

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013