Bengkulu  (Antara Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu memprakirakan tinggi gelombang laut di perairan barat Bengkulu mencapai 2,5 meter atau lebih tinggi ketimbang sebelumnya yang rata-rata dua meter.

"Angin di wilayah itu bertiup dari arah timur hingga selatan dengan kecepatan berkisar 05-20 knot atau rata-rata 36 kilometer per jam," kata Analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Pebrisurgiansyah di Bengkul, Jumat.

Prakiraan tinggi gelombang laut di perairan Bengkulu dan Enggano rata-rata dua meter, sedangkan di wilayah itu berpeluang berawan hingga hujan ringan.

Angin di perairan Bengkulu berhembus dari timur laut hingga barat daya dengan kecepatan berkisar 03-18 knot, sedangkan di perairan Enggano berpeluang dari timur hingga selatan dengan kecepatan juga berkisar 03-18 knot.

Berdasarkan citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan hujan di wilayah Aceh, Riau, Sumatera Barat, Mentawai, Bengkulu, dan Samudra Hindia barat Nias hingga barat Bengkulu.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari timur laut hingga barat daya dengan kecepatan antara 05-36 kilometer per jam atau 03-20 knot.

Cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar berawan dan hujan ringan, terutama di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Rejang Lebong, suhu udaranya berkisar 19-29 derajat Celcius dan kelembaban antara 72-98 persen.

Cuaca di Kabupaten Kaur, Bengkulu Tengah, dan Kota Bengkulu diprediksi berawan, dengan suhu udara berkisar 23-32 derajat Celcius dan kelembaban antara 58-96 persen.

Pewarta: Oleh Zulkifli Lubis

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013