Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menerima bantuan sebanyak 21 ribu masker kain tiga lapis dari Kementerian Kesehatan kemudian akan distribusikan ke seluruh puskesmas daerah ini.

“Bantuan masker dari Kemenkes ini masker kain tiga lapis. Bantuan ini untuk tenaga kesehatan dan masyarakat yang mobilitasnya tinggi,” kata Pengelola Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Zainudin di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan hal itu usai menyerahkan bantuan masker kain tiga lapis dari Kemenkes tersebut kepada sejumlah perwakilan puskesmas yang tersebar di sejumlah wilayah di daerah ini.

Ia mengatakan, daerah ini mendapatkan bantuan sebanyak 21 ribu masker dari Kemenkes atau lebih sedikit dibandingkan dengan proposal usulan bantuan sebanyak 50 ribu masker dari instansi ini.

Ia menyatakan, tidak hanya Kabupaten Mukomuko saja yang menerima bantuan sebanyak 21 ribu masker dari Kemenkes, termasuk kabupaten/kota di provinsi setempat juga menerima bantuan masker.

Ia mengatakan, karena bantuan masker dari Kemenkes ini terbatas sehingga pembagiannya untuk setiap puskesmas dibatasi berdasarkan luas wilayah, jumlah penduduk dan jumlah tenaga kesehatan.

Setiap puskesmas dari sebanyak 17 puskesmas yang tersebar di15 kecamatan daerah ini mendapatkan pembagian masker dari Kemenkes ini sebanyak sekitar 500 hingga 2.000 lembar.

Selain itu, ia mengatakan, pihaknya memprioritaskan masyarakat yang menerima bantuan masker dari Kemenkes ini yang mobilitasnya tinggi dan sering melakukan aktivitas di luar rumah.

“Tidak banyak masyarakat di daerah ini yang akan mendapatkan bantuan masker tersebut. Kami prioritaskan masyarakat yang menerima bantuan ini yang mobilitasnya tinggi,” ujarnya.

Selanjutnya, katanya, pembagian masker dari 17 puskesmas kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 6 November 2020 , atau bertepatan dengan tiga hari besar, yakni Hari Kesehatan Nasional, Hari Ulang Tahun Provinsi Bengkulu dan Hari Pahlawan.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020