Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini mendapatkan penambahan sebanyak 1.000 dosis vaksin mencegah rabies untuk hewan seperti anjing, kucing dan monyet peliharaan warga setempat dari pemerintah provinsi setempat.

“Ada tambahan vaksin untuk mencegah rabies dari pemerintah provinsi setempat yakni sebanyak 1.000 dosis,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman dalam keterangan di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko sebelumnya mendapatkan bantuan sebanyak 2.200 dosis vaksin mencegah rabies untuk anjing, kucing dan monyet peliharaan warga dari pemerintah pusat.

Petugas peternakan dan kesehatan hewan Dinas Pertanian, kata dia, telah memanfaatkan sebanyak ribuan dosis vaksin untuk mencegah rabies dari pemerintah pusat.

Bahkan petugas peternakan dan kesehatan hewan daerah ini juga telah menggunakan sebagian bantuan sebanyak 1.000 dosis vaksin mencegah rabies dari pemerintah provinsi setempat.

Petugas tersebut telah memberikan vaksin mencegah rabies kepada hewan peliharaan masyarakat yang tersebar hampir sebagian besar wilayah dari sebanyak 15 kecamatan di daerah ini.

Selanjutnya petugas peternakan dan kesehatan hewan di dinas ini akan menyisir sejumlah desa yang belum mendapatkan kegiatan program pemberian vaksin mencegah rabies.

Ia menargetkan, pemberian vaksin kepada sebanyak 3.450 ekor hewan penular rabies seperti anjing, kucing dan monyet peliharaan warga setempat di dalam tahun 2020 ini.

Terkait dengan pemberian vaksin kepada hewan tersebut dengan sistem jemput bola itu. Petugas kesehatan hewan dari pusat kesehatan hewan yang tersebar di sejumlah kecamatan akan berkeliling ke rumah-rumah warga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan monyet.

“Kita tidak boleh mengumpulkan banyak orang di setiap kegiatan pada masa pendemi COVID-19 sekarang ini, tetapi petugas kesehatan hewan yang akan datang langsung ke rumah warga atau di tempat yang sudah disediakan untuk memvaksin hewan penular rabies,” demikian Warsiman.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020