Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan angka partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak 2020 di wilayah itu mencapai 77 persen.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Rejang Lebong Ujang Maman di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan pencapaian target partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak 9 Desember 2020itu melebihi pencapaian pada Pilkada 2015 lalu.

"Alhamdulilah tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Rejang Lebong dalam Pilkada Serentak 2020 tanggal 9 Desember kemarin mencapai 77 persen. Pencapaian ini melebihi pencapaian pada Pilkada tahun 2015 yang hanya 68,22 persen," kata dia.

Dia menjelaskan meningkatnya angka partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak 2020 di wilayah itu merupakan hal yang positif, dan menunjukkan kesadaran masyarakat mulai tinggi dalam menggunakan hak pilihnya sesuai dengan pilihan masing-masing.

Meningkatnya partisipasi pemilih ini, kata dia, selain masyarakat mulai sadar juga gencarnya sosialisasi yang KPU lakukan melalui PPK dalam 15 kecamatan baik secara langsung maupun oleh perangkat pemerintahan lainnya serta melalui media massa, spanduk, dan baliho.

"Sebelumnya kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat Rejang Lebong melalui PPK di 15 kecamatan dengan sasaran 10 basis yang ada di dalam masyarakat masing-masing wilayah," katanya.

Adapun 10 sasaran itu antara lain kalangan pemilih dengan basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih pemuda, basis pemilih perempuan, basis pemilih disabilitas, dan basis pemilih berkebutuhan khusus.

Selanjutnya, pemilih dengan basis pemilih marginal, basis pemilih komunitas, basis pemilih keagamaan, dan basis pemilih warga internet atau netizen.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong 2020 diikuti empat pasangan calon, di mana dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara tingkat Kabupaten Rejang Lebong yang digelar KPU Rejang Lebong pada 15 Desember 2020, paslon nomor urut 3 Syamsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah dengan perolehan sebanyak 43.540 suara.

Kemudian paslon nomor urut 4 M Fikri Thobari-Tarsisius Samuji sebanyak 37.556 suara. Selanjutnya paslon nomor urut 1 M Faisal-Fatrolazi sebanyak 32.094 suara dan paslon nomor urut 2 Susilawati-Ruswan YS mendapatkan 31.610 suara.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020