Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan hingga saat ini 769 tenaga kesehatan dan pejabat pemerintah daerah setempat telah menerima vaksin COVID-19.

"Sebanyak 769 orang ini yang telah menerima vaksin COVID-19 dosis pertama, bertambah dibandingkan sehari sebelumnya 707 orang," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Bustam yang juga menjabat Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko itu, mengatakan bahwa data tersebut diperoleh dari laporan hasil pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di puskesmas, rumah sakit umum daerah, dan kantor Dinas Kesehatan.

Ia menyebutkan 1.379 tenaga kesehatan dan pejabat pemerintah setempat yang menjadi sasaran vaksinasi di Mukomuko, sebanyak 1.138 orang atau 82,52 persen yang sudah melakukan registrasi.

Ia mengatakan dari 769 orang yang menerima vaksin COVID-19 dosis pertama tersebut, baru 344 orang di antaranya yang telah menerima vaksin COVID-19 dosis kedua.

“Pada hari ini ada dua orang tenaga kesehatan di daerah ini yang menerima vaksin COVID-19 dosis kedua. Kedua orang yang menerima dosis kedua ini dari Puskesmas Kecamatan Kota Mukomuko,” ujarnya.

Ia menyebutkan sampai saat ini masih ada 610 orang dari sasaran 1.379 tenaga kesehatan dan pejabat pemerintah daerah setempat yang belum menerima vaksin COVID-19.

Ia mengatakan vaksinator yang tersebar di 17 puskesmas, RSUD, dan Dinas Kesehatan setempat akan terus melaksanakan tugasnya untuk memberikan vaksin COVID-19 kepada tenaga kesehatan dan pejabat pemerintah daerah setempat.

Ia mengatakan dari 610 tenaga kesehatan dan pejabat pemerintah daerah setempat ini masih ada 96 orang di antaranya ditunda menerima vaksin karena kondisi kesehatan tidak memungkinkan.

“Puluhan tenaga kesehatan ini akan menerima vaksin COVID-19 setelah kondisi kesehatannya pulih. Nanti ada petugas yang melakukan 'screening' untuk memastikan mereka masih sakit atau sudah sehat,” ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021