Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan harga terendah tandan buah segar kelapa sawit sebesar Rp1.870/kilogram pada tingkat pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini, lebih tinggi dibandingkan dengan harga sawit sebelumnya sebesar Rp1.800 per kg.

“Harga terendah TBS sebesar Rp1.870 per kg di enam pabrik di daerah ini, dan empat pabrik membeli sawit petani lebih tinggi dari harga tersebut,” kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan hal itu setelah menerima data perkembangan harga tandan buah segar kelapa sawit pada tanggal 23 Februari 2021 dari sebanyak 10 pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini.

Ia menyebutkan, sebanyak enam dari 10 pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini yang membeli TBS kelapa sawit sebesar Rp1.870 per kg, yakni PT SSJA, PT KSM, PT MMIL, PT SSS, PT SAP dan PT KAS.

“Harga TBS kelapa sawit yang dibeli oleh sebanyak enam pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini lebih tinggi dibandingkan dengan harga sebelumnya. Harga sawit di enam pabrik ini naik rata-rata sebesar Rp20 hingga Rp70 per kg,” ujarnya.

Kemudian, katanya, harga tertinggi tandan buah segar kelapa sawit di daerah ini menembus harga sebesar Rp2.010 per kilogram di PT USM, pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini.

Sedangkan sebanyak empat pabrik minyak kelapa sawit lainnya di daerah ini membeli TBS kelapa sawit milik petani dengan harga di atas itu, yakni harga sawit di PT DDP sebesar Rp1.890 per kg, harga sawit di PT BMK Rp1.920 per kg, PT GSS sebesar Rp1.900 per kilogram.

Ia berharap mudah-mudahan harga sawit yang dibeli oleh pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini terus naik agar petani gembira karena kesejahteraannya meningkat dibandingkan sebelumnya.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021