Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan instansinya telah menyiapkan bantuan berbagai kebutuhan pokok untuk keluarga warga petani yang menjadi korban kebakaran rumah di Desa Pasar Sebelah, Kecamatan Kota Mukomuko.

“Sampai sekarang kita belum berikan, memang sudah disiapkan tetapi hari ini pak bupati dan sekda ke Bengkulu menyampaikan RKPD, kami tidak berani menyalurkan bantuan tersebut tanpa izin beliau,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Saroni dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Kebakaran menghanguskan satu bangunan rumah milik keluarga warga yang bekerja sebagai petani di Desa Pasar Sebelah, Kabupaten Mukomuko, Jumat (12/3), namun tidak ada korban jiwa akibat peristiwa kebakaran tersebut.

Sedangkan identitas warga yang menjadi korban kebakaran rumah tersebut yakni M Amran Fauzi Hidayat (51), petani di Desa Pasar Sebelah, Kecamatan Kota Mukomuko.

Selanjutnya, ia mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan wakil bupati untuk mewakili pemerintah daerah setempat dalam memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada masyarakat petani di wilayah ini yang menjadi korban kebakaran rumah.

Sedangkan bantuan berbagai bahan pokok untuk petani yang menjadi korban kebakaran rumah sama seperti bantuan untuk korban kebakaran rumah sebelumnya, yakni bantuan pakaian, makanan anak-anak, gula, sarden, tarpal, selimut.

Kemudian pemerintah setempat sebelumnya juga akan memberikan bantuan berupa beras meskipun jumlahnya tidak banyak.

Sementara itu, berdasarkan keterangan saksi, kejadian kebakaran bangunan rumah tersebut berawal pada Jumat dini hari sekitar pukul 01.00 WIB, anak korban bernama Latif terbangun karena asap dan melihat di ruang tamu sepeda motor Yamaha Mio J sudah terbakar.

Kemudian, api mulai menjalar ke seluruh dinding rumah yang terbuat dari bahan papan, lalu Latif langsung memanggil orang tuanya yang sedang tidur di kamar belakang untuk memadamkan api tersebut.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021