Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyebutkan daerah ini telah menerima sebanyak 310 vial vaksin Sinovac untuk TNI, Polri dan warga lanjut usia (lansia) di daerah ini.

“Vaksin Sinovac telah tiba di daerah ini sejak Selasa (16/3) malam sebanyak 310 vial. Vaksin ini disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, pelaksanaan pemberian vaksin Sinovac tahap kedua secara perdana kepada sebanyak 147 anggota TNI mulai pada hari Kamis (18/3) di kantor Dinas Kesehatan setempat.

Kemudian, katanya, dilanjutkan dengan pemberiaan vaksin Sinovac tahap kedua kepada seluruh anggota Polri pada tanggal 23 Maret 2021 dan kepada warga yang lansia.

“Kami targetkan semua anggota TNI sebanyak 147 orang di daerah ini yang menjadi sasaran menerima vaksin Sinovac, tetapi yang menentukan mereka bisa menerima vaksin atau tidak berdasarkan hasil screening awal penerima vaksin tersebut,” ujarnya pula.

Kasi Survailans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Izharudin menyatakan meskipun jumlah vaksin Sinovac yang diterima daerah sebanyak 360 vial, tetapi vaksin ini multi dosis, satu vial vaksin bisa untuk 10 orang.

Ia menyebutkan, dari sebanyak 310 vial vaksin Sinovac tersebut sebanyak 100 vial di antaranya untuk TNI dan Polri dan sebanyak 210 vial untuk warga yang sudah lanjut usia di daerah ini.

Ia menyatakan, instansinya sampai sekarang belum ada persiapan khusus untuk memberikan vaksin Sinovac kepada lansia, instansinya melaksanakan vaksinasi melalui Puskesmas dan Posyandu.

Ia mengatakan, pihaknya berencana meminta kepada pihak warga yang memiliki lansia di rumahnya agar membawa lansia ke Puskesmas terdekat untuk menerima vaksin COVID-19.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021