Sekitar 40 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menjalani tes usap setelah dua pejabat pemerintah daerah setempat dinyatakan positif COVID-19.

Mereka yang menjalani tes usap tersebut tersebar di dua organisasi perangkat daerah (OPD), yakni Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Nasuhanto di Mukomuko, Minggu, menyebutkan sekitar 30 ASN di instansinya menjalani tes usap, sejak beberapa hari yang lalu.

Pihaknya telah menerima hasil tes usap milik sebagian dari sekitar 30 ASN di dinas ini dan hasilnya semua ASN tersebut negatif terjangkit virus corona jenis baru tersebut.

“Alhamdulillah hasil tes milik sebagian ASN di dinas ini telah keluar dan hasilnya negatif COVID-19 dan masih ada hasil tes usap milik sebagian ASN yang belum keluar sampai sekarang,” ujarnya.

Aparatur sipil negara di instansi itu, terutama yang belum menerima hasil tes usap, katanya, melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing guna mencegah penularan COVID-19.

Bahkan, kata dia, ada sebagian ASN di dinas ini menunda kegiatannya berkoordinasi dengan instansi vertikal di daerah setempat karena sedang isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Dalam kondisi sekarang ini ASN dinas ini tidak berani berani berkoordinasi dengan instansi lain guna mencegah penularan dan penyebaran virus corona di daerah ini,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo menyebutkan sekitar 40 ASN di Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan harus menjalani tes usap.

"Untuk mengantisipasi penularan dan penyebaran virus corona di daerah ini," kata dia.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021