Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan akan menjemput vaksin untuk mencegah penyakit rabies pada hewan seperti anjing, kucing dan monyet peliharaan warga ke provinsi setempat.

“Kita menjemput vaksin rabies tersebut ke pemerintah provinsi serentak dengan penjemputan vaksin Jembrana untuk sapi peliharaan petani ,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Jumat.

Kabupaten Mukomuko tahun ini mendapatkan bantuan sebanyak 500 dosis vaksin untuk sebanyak 500 ekor hewan penular rabies peliharaan warga di daerah tersebut.

Jumlah bantuan vaksin untuk mencegah penyakit rabies pada hewan penular rabies peliharaan warga tahun ini, yakni sebanyak 500 dosis, berkurang dibandingkan tahun sebelumnya sekitar 3.200 dosis.

Ia mengatakan, terkait dengan pendistribusian vaksin untuk mencegah penyakit rabies pada hewan kucing, anjing dan monyet peliharaan warga ini kepada tiga pusat kesehatan hewan (Puskeswan).

Ia menyatakan, pihaknya menunggu pengaturan jadwal vaksinasi hewan penular rabies oleh petugas puskeswan dan warga untuk mendistribusikan ratusan vaksin untuk mencegah penyakit rabies pada hewan peliharaan warga setempat.

Ia megatakan, untuk sementara vaksin akan disimpan di gudang dinas ini sampai menunggu petugas puskeswan mengatur jadwal pelaksanaan vaksinasi rabies pada hewan peliharaan warga.

Menurutnya, saat ini kegiatan vaksinasi rabies yang efektif untuk mencegah hewan penular rabies seperti anjing, kucing dan monyet peliharaan warga setempat terjangkit penyakit rabies.

Apalagi daerah ini tahun 2021 kembali batal melaksanakan kegiatan eliminasi anjing yang berkeliaran di permukiman penduduk dan fasilitas umum karena anggaran itu digunakan untuk “refocusing” kegiatan lain.

“Eliminasi anjing liar di daerah ini tahun 2021 batal karena anggaran untuk itu digunakan untuk ‘refocusing’ kegiatan lain,” ujarnya.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021