Sejumlah tenaga kesehatan yang kontak erat dengan rekan mereka di Puskesmas Ipuh Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, hari ini kembali menjalani tes usap atau swab guna mencegah penularan dan penyebaran virus corona di daerah ini.

“Ada tambahan empat orang lagi tenaga kesehatan Puskesmas Ipuh yang positif COVID-19, kemarin Sabtu (3/4). Dan hari ini kita lakukan kembali tes usap terhadap tenaga kesehatan di Ipuh,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Desriani dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Dinas Kesehatan setempat sebelumnya memutuskan untuk menutup selama beberapa hari pelayanan kesehatan di Puskesmas Ipuh, untuk menghindari terjadinya paparan virus corona yang lebih luas di daerah ini.

Kemudian tenaga kesehatan dinas dan puskesmas ini melakukan tracking untuk mengetahui riwayat kontak sebanyak empat orang tenaga kesehatan di Puskesmas Ipuh yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut.

Sejumlah tenaga kesehatan di Puskesmas Ipuh sebelumnya telah menjalani tes usap setelah sebanyak tiga orang tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama di wilayah ini yang dinyatakan positif terjangkit virus corona jenis baru.

Selanjutnya, katanya, jika hasil tes usap atau swab terhadap tenaga kesehatan di puskesmas perawatan di Kecamatan Ipuh tersebut negatif, maka instansi segera membuka kembali pelayanan kesehatan di puskesmas tersebut.

Sementara itu, pihak UPTD Puskesmas Ipuh telah menyampaikan pengumuman, untuk sementara semua pelayanan di UPTD Puskesmas Ipuh tutup, terhitung mulai tanggal 3 sampai dengan 10 April 2021.

Selanjutnya pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berada di wilayah kerja puskesmas tersebut untuk sementara waktu ini dialihkan ke puskemas terdekat di daerah ini.

Puskesmas Ipuh sejak beberapa hari yang lalu tutup karena ada dokter positif COVID-19, namun tenaga kesehatan di puskesmas ini tetap memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah ini.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021