Universitas Bengkulu masuk dalam 50 besar sebagai kampus terbaik nasional menurut Webometrics Rank 2021 yang diseleksi dari 14 ribu lebih perguruan tinggi yang ada di Indonesia. 

"Ranking webometric Unib memang diurutan 50 besar nasional, alhamdulillah kami bersyukur," kata Rektor Universitas Bengkulu Ridwan Nurazi, Senin. 

Ia menambahkan bahwa untuk ranking Internasional, Unib berada di nomor 4.123 kampus terbaik dari puluhan ribu universitas yang ada di dunia. 

Untuk diketahui, Webometrics Ranking of World Universities diinisiasi oleh Cybermetrics Lab yaitu sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC) yang merupakan badan riset publik terbesar di Spanyol.

Webometrics Ranking of World Universities pertama kali melakukan pemeringkatan universitas terbaik di dunia pada 2004. 

Pemeringkatan universitas terbaik tersebut bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. 

"Pada tahun ini, terdapat sekitar 31.000 perguruan tinggi di lebih dari 200 negara yang masuk dalam daftar pemeringkatan," ujarnya. 

Lanjut Ridwan, Webometrics melakukan pemeringkatan universitas terbaik di dunia berdasarkan sejumlah indikator dan metodologi. 

Seperti, Visibilitas yaitu jumlah jaringan eksternal (subnet) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian nilai maksimum dipilih). 

Kemudian aspek dampak yang dinilai dari banyaknya backlink dari situs luar dan openness yang diukur dari jumlah file berbagai jenis seperti, (.pdf, .doc, .ps, .eps, .docx, .ppt, atau .pptx), yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas.

"Serta keunggulan yang dinilai dari jumlah artikel publikasi ilmiah karya civitas akademika universitas tersebut," sebut Ridwan.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021